TRANSFORMASI ALAT – ALAT TEKNOLOGI UNTUK MEMBUAT DOKUMEN

Sungguh menakjubkan, perkembangan dunia teknologi kini semakin gencar membuat hidup manusia semakin praktis. Semakin teknologi canggih, maka semakin praktis dan mudah saja sepertinya dalam menjalankan aktifitas. Salah satu bentuk kemajuan dari teknologi adalah bagaimana transformasi dari alat ketik atau mesin ketik hingga sekarang. Yaitu dimulai dari mesin ketik, computer, laptop, hingga ipad.

Dahulu, orang – orang menggunakan mesin ketik ketika akan membuat suatu dokumen, misalnya surat, ataupun data – data lainnya. Cara kerja mesin ketik memang tidak fleksibel, mesin ini hanya berfungsi untuk mengetik dokumen  saja. Sehingga orang – orang hana dapat menggunakan satu fungsi itu saja. Tanpa bisa menyimpannya, atau mengarsipkannya secara langsung.  Mungkin arsip dari mesin ketik hanya berupa lembaran – lembaran file saja. Tentunya ini dinilai tidak efektif dan efisien. Belum lagi ketika mengetik dengan menggunakan mesin ketik, kita tidak bisa menghapus langsung tulisan yang apabila ada terjadi kesalahan. Kita harus mengganti kertas kembali. Selain itu juga mesin ketik berbeda dengan computer, laptop, ataupun ipad yang dapat digunakan untuk segala jenis hal secara otomatis. Seperti menginput data dalam bentuk digital, mengakses data dari internet dan lain sebagainya.

Hingga digunakannlah computer. Computer ini sudah merupakan bentuk mesin ketik yang super canggih. Dengan computer orang dapat menyimpan file dalam bentuk softfile sehingga tidak terlalu menghamburkan kertas. Kemudian juga orang dapat bebas mengedit atau mengoreksi hasi penginputan datanya, karena di computer menggunakan system keyboard yang sudah sangat canggih dan berbasis digital. Kemudian orang juga bisa menggunakan fungsi lain dari computer selain mengetik, misalnya mendengarkan musik, memutar video, bermain game, bahkan juga bisa menggambar atau mendesain grafis dengan teknik digital. Selain itu juga file yang dihasilkan menjadi lebih bagus  dan lebih rapih dengan menggunakan bantuan printer. Akan tetapi , computer juga masih butuh pembaharuan, karena orang –orang mendapati kelemahan dari computer yaitu bodynya yang besar dan tidak fleksibel atau tidak bisa dibawa kemana – mana, hanya terpaku di suatu tempat. Belum lagi, computer itu sangat banyak perangkat kerasnya ada monitor, keyboard, dan cpu dan aneka jenis kabel penghubung yang sangat tidak praktis.

Maka kemudian, muncullah laptop yang menjawab semua kendala dari computer. Segala perangkat lunak nya memang menyerupai apa yang ada di computer, hanya saja laptop lebih menyederhanakandari bentuk bodynya. Perangkat keras yang perlu dirakit secara terpisah di computer itu di rancang sedemikian rupa dari beberapa bentuk menjadi hanya satu bentuk, yakni laptop. Monitor, cpu, keyboard sudah menjadi satu. Namun, laptop juga dinilai masih kurang praktis karena ukurannya yang tebal dan berat, serta terlalu lebar, maka lahirlah ipad, yang menyempurnakan segalanya, hanya dengan bentuk satu monitor tipis yang didalamnya sudah lengkap dengan berbagai perangkat lunak dan perangkat keras yang bertransformasi menjadi lunak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*